Cara Memperbaiki HP Xiaomi yang Tidak Bisa Dientuh saat Dibuka

Cara Memperbaiki HP Xiaomi yang Tidak Bisa Dientuh saat Dibuka

Apakah Anda memiliki HP Xiaomi yang mengalami masalah tidak bisa dientuh saat dibuka? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Masalah ini sering terjadi pada banyak pengguna Xiaomi. Namun, jangan panik dulu! Artikel ini akan memberikan beberapa solusi yang mungkin dapat membantu Anda memperbaiki masalah tersebut.

Pastikan Masalah Bukan Terkait Perangkat Lunak

Sebelum melakukan langkah-langkah perbaikan yang lebih rumit, ada baiknya untuk memastikan bahwa masalah yang Anda alami bukanlah masalah perangkat lunak. Terkadang, masalah ini dapat diselesaikan hanya dengan me-restart ulang HP Anda. Jadi, cobalah untuk mematikan HP Xiaomi Anda dan kemudian nyalakan kembali setelah beberapa detik.

Jika setelah me-restart ulang HP, masalah masih tetap ada, cobalah periksa apakah ada pembaruan perangkat lunak yang tersedia untuk HP Xiaomi Anda. Buka Pengaturan, cari menu “Tentang Ponsel” atau “Tentang Perangkat”, dan periksa apakah ada pembaruan perangkat lunak yang belum diinstal. Jika ada, instal pembaruan tersebut dan periksa apakah masalahnya sudah teratasi.

Periksa Kondisi Layar Sentuh

Jika masalah tidak bisa dientuh saat membuka HP Xiaomi masih berlanjut, kemungkinan besar masalah terletak pada kondisi layar sentuh itu sendiri. Ada beberapa hal yang dapat Anda cek untuk memastikan kondisi layar sentuh HP Xiaomi Anda.

1. Bersihkan Layar Sentuh

Kotoran atau debu yang menempel pada layar sentuh dapat mengganggu responsivitasnya. Bersihkan layar sentuh HP Xiaomi Anda dengan menggunakan kain lembut yang sedikit lembab. Pastikan untuk tidak menggunakan cairan pembersih yang keras atau bahan abrasif yang dapat merusak layar.

2. Cek Kondisi Pelindung Layar

Jika Anda menggunakan pelindung layar, periksa apakah pelindung layar tersebut dalam kondisi baik. Kadang-kadang, pelindung layar yang rusak atau tidak pas dengan sempurna dapat menyebabkan masalah tidak bisa dientuh saat membuka HP Xiaomi. Jika diperlukan, ganti pelindung layar dengan yang baru.

3. Restart Ulang HP dengan Mode Aman

Cobalah untuk me-restart ulang HP Xiaomi Anda dalam mode aman. Mode aman akan memungkinkan Anda memulai HP dengan aplikasi pihak ketiga yang dinonaktifkan. Jika masalahnya teratasi saat berada dalam mode aman, kemungkinan besar ada aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan masalah tersebut. Hapus atau nonaktifkan aplikasi-aplikasi tersebut dan periksa apakah masalahnya hilang.

4. Kalibrasi Ulang Layar Sentuh

Jika langkah-langkah di atas belum berhasil memperbaiki masalah, Anda dapat mencoba untuk mengkalibrasi ulang layar sentuh HP Xiaomi Anda. Caranya cukup mudah, buka Pengaturan dan cari menu “Layar” atau “Tampilan”. Di dalam menu tersebut, Anda akan menemukan opsi untuk mengkalibrasi ulang layar sentuh. Ikuti petunjuk yang diberikan dan tunggu proses kalibrasi selesai.

Periksa Konektor Layar Sentuh

Jika masalah masih tetap ada setelah mencoba langkah-langkah di atas, ada kemungkinan bahwa konektor layar sentuh pada HP Xiaomi Anda mengalami masalah. Konektor yang longgar atau rusak dapat menyebabkan masalah tidak bisa dientuh saat membuka HP. Anda dapat membuka HP Xiaomi Anda dan memeriksa apakah konektor layar sentuh terhubung dengan baik. Jika konektor terlepas, pasang kembali dengan hati-hati. Namun, jika Anda tidak percaya diri untuk melakukannya sendiri, lebih baik bawa HP Anda ke pusat servis resmi Xiaomi.

Terakhir, Reset Pengaturan Pabrik

Jika semua langkah di atas tidak berhasil memperbaiki masalah, langkah terakhir yang dapat Anda coba adalah melakukan reset pengaturan pabrik pada HP Xiaomi Anda. Namun, sebelum melakukan ini, pastikan Anda telah mencadangkan semua data penting yang ada di HP Anda, karena reset pengaturan pabrik akan menghapus semua data di HP tersebut.

Untuk melakukan reset pengaturan pabrik, buka Pengaturan dan cari menu “Cadangan & Reset” atau “Pribadi”. Di dalam menu tersebut, Anda akan menemukan opsi untuk melakukan reset pengaturan pabrik. Ikuti petunjuk yang diberikan dan tunggu proses reset selesai. Setelah selesai, periksa apakah masalah tidak bisa dientuh saat membuka HP Xiaomi sudah teratasi.

Kesimpulan

Masalah tidak bisa dientuh saat membuka HP Xiaomi memang cukup mengganggu, tetapi jangan khawatir karena ada beberapa solusi yang dapat Anda coba. Mulai dari memastikan masalah bukan terkait perangkat lunak hingga melakukan reset pengaturan pabrik, langkah-langkah tersebut dapat membantu memperbaiki masalah yang Anda alami. Namun, jika semua upaya Anda gagal, sebaiknya bawa HP Xiaomi Anda ke pusat servis resmi untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Related video of Cara Memperbaiki HP Xiaomi yang Tidak Bisa Dientuh saat Dibuka

About teknohalu

Check Also

Bagaimana Cara Memperbaiki HP yang Mati Total?

Saat ini, hampir semua orang memiliki smartphone. Perangkat ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments

No comments to show.