Bagaimana Cara Memperbaiki HP yang Telah Diroot dengan SuperSU

Bagaimana Cara Memperbaiki HP yang Telah Diroot dengan SuperSU

Saat ini, banyak pengguna smartphone Android yang tertarik untuk melakukan rooting pada perangkat mereka. Rooting adalah proses untuk mendapatkan akses penuh ke sistem operasi Android, sehingga pengguna dapat melakukan perubahan dan modifikasi yang lebih dalam. Salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk rooting adalah SuperSU. Namun, terkadang setelah melakukan rooting dengan SuperSU, pengguna mengalami masalah pada perangkat mereka. Artikel ini akan memberikan panduan tentang cara memperbaiki HP yang telah diroot dengan SuperSU.

1. Menghapus Aplikasi yang Menyebabkan Masalah

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi aplikasi mana yang menyebabkan masalah pada perangkat Anda setelah diroot dengan SuperSU. Beberapa aplikasi mungkin tidak kompatibel dengan perangkat yang telah diroot, atau mungkin terdapat konflik dengan aplikasi lain. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu menghapus aplikasi yang menyebabkan masalah tersebut.

2. Menggunakan Mode Pemulihan

Jika menghapus aplikasi yang menyebabkan masalah tidak berhasil, langkah selanjutnya adalah menggunakan mode pemulihan pada perangkat Anda. Mode pemulihan adalah mode khusus yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pemulihan sistem, menghapus cache, dan melakukan pemulihan pabrik. Untuk masuk ke mode pemulihan, Anda perlu menekan kombinasi tombol tertentu saat perangkat Anda sedang dalam keadaan mati.

3. Melakukan Pemulihan Pabrik

Jika masalah masih belum teratasi setelah menggunakan mode pemulihan, Anda dapat mencoba melakukan pemulihan pabrik. Namun, perlu diingat bahwa melakukan pemulihan pabrik akan menghapus semua data dan pengaturan yang ada pada perangkat Anda. Pastikan Anda telah melakukan cadangan data penting sebelum melakukan pemulihan pabrik.

4. Menginstal Ulang Firmware

Jika setelah melakukan pemulihan pabrik masalah masih terjadi, langkah terakhir yang dapat Anda coba adalah menginstal ulang firmware perangkat Anda. Firmware adalah perangkat lunak yang mengontrol perangkat keras pada perangkat Anda. Dengan menginstal ulang firmware, Anda dapat memperbaiki masalah yang terjadi akibat rooting dengan SuperSU.

5. Menghubungi Layanan Purna Jual

Jika semua langkah di atas tidak berhasil memperbaiki masalah pada perangkat Anda, langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah menghubungi layanan purna jual perangkat Anda. Mereka akan memberikan bantuan lebih lanjut atau menyarankan Anda untuk membawa perangkat Anda ke pusat layanan resmi untuk diperbaiki.

Kesimpulan

Rooting dengan SuperSU dapat memberikan akses penuh ke sistem operasi Android, namun juga dapat menyebabkan masalah jika tidak dilakukan dengan hati-hati. Jika Anda mengalami masalah pada perangkat setelah melakukan rooting, ikuti langkah-langkah di atas untuk memperbaikinya. Penting untuk diingat bahwa melakukan rooting dapat membatalkan garansi perangkat Anda, sehingga lakukan dengan risiko Anda sendiri.

Related video of Bagaimana Cara Memperbaiki HP yang Telah Diroot dengan SuperSU

About teknohalu

Check Also

Cara Memperbaiki HP Xiaomi yang Tidak Bisa Dientuh saat Dibuka

Cara Memperbaiki HP Xiaomi yang Tidak Bisa Dientuh saat Dibuka Apakah Anda memiliki HP Xiaomi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments

No comments to show.