Bagaimana Cara Memperbaiki HP yang Tidak Support Screen Recorder?

Cara Memperbaiki HP yang Tidak Support Screen Recorder

Apakah Anda sedang mencari cara untuk merekam layar pada ponsel Anda tetapi tidak dapat menemukan opsi screen recorder di perangkat Anda? Jangan khawatir, Anda bukanlah satu-satunya yang mengalami masalah ini. Beberapa ponsel tidak dilengkapi dengan fitur screen recorder bawaan dan mungkin memerlukan beberapa langkah tambahan untuk memperbaikinya. Artikel ini akan memberikan beberapa solusi yang mungkin dapat membantu Anda merekam layar ponsel yang tidak mendukung screen recorder.

1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika ponsel Anda tidak memiliki opsi screen recorder bawaan, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat diunduh dari toko aplikasi seperti Google Play Store atau App Store. Ada banyak aplikasi screen recorder yang tersedia secara gratis atau berbayar, dan beberapa di antaranya dapat bekerja dengan baik pada ponsel yang tidak mendukung fitur ini secara default.

Beberapa aplikasi screen recorder populer yang dapat Anda coba adalah AZ Screen Recorder, Mobizen, dan DU Recorder. Pastikan untuk membaca ulasan pengguna dan memeriksa kompatibilitas dengan ponsel Anda sebelum mengunduh dan menginstal aplikasi.

2. Menggunakan Fitur Perekam Layar di Aplikasi Pengedit Video

Jika ponsel Anda memiliki aplikasi pengedit video bawaan, ada kemungkinan bahwa aplikasi tersebut dilengkapi dengan fitur perekam layar. Beberapa aplikasi pengedit video populer seperti Adobe Premiere Rush, Kinemaster, atau iMovie memiliki opsi untuk merekam layar ponsel Anda.

Buka aplikasi pengedit video dan cari opsi perekam layar di menu atau pengaturan. Jika Anda menemukannya, aktifkan fitur tersebut dan mulai merekam layar ponsel Anda sesuai kebutuhan.

3. Menggunakan Mirroring ke Perangkat Lain

Jika ponsel Anda tidak memiliki fitur screen recorder, Anda dapat mencoba menggunakan mirroring atau memproyeksikan layar ponsel Anda ke perangkat lain seperti komputer atau laptop yang memiliki aplikasi perekam layar. Dengan memproyeksikan layar ponsel Anda ke perangkat lain, Anda dapat merekam layar melalui aplikasi perekam layar di perangkat tersebut.

Untuk melakukan mirroring, Anda dapat menggunakan perangkat lunak mirroring seperti ApowerMirror, Vysor, atau AirDroid. Ikuti panduan yang disediakan oleh aplikasi mirroring yang Anda pilih untuk memproyeksikan layar ponsel Anda ke perangkat lain dan mulai merekam layar sesuai kebutuhan.

4. Menggunakan Fitur Game Recorder

Beberapa ponsel memiliki fitur game recorder yang memungkinkan Anda merekam permainan langsung dari ponsel. Meskipun fitur ini dirancang untuk merekam permainan, Anda juga dapat menggunakannya untuk merekam layar ponsel secara umum. Fitur game recorder ini biasanya dapat diakses melalui panel kontrol atau pengaturan ponsel.

Periksa apakah ponsel Anda memiliki fitur game recorder, dan jika iya, aktifkan fitur tersebut dan mulai merekam layar ponsel Anda. Namun, perhatikan bahwa kualitas dan fitur perekaman mungkin terbatas dalam fitur game recorder bawaan.

5. Melakukan Root pada Ponsel Anda

Jika Anda merasa nyaman dengan melakukan root pada ponsel Anda, ini adalah opsi terakhir yang dapat Anda pertimbangkan. Melakukan root pada ponsel Anda akan memberikan akses lebih lanjut ke sistem operasi, yang memungkinkan Anda menginstal aplikasi screen recorder pihak ketiga yang membutuhkan akses root.

Harap dicatat bahwa melakukan root pada ponsel dapat membatalkan garansi dan berpotensi merusak perangkat Anda jika tidak dilakukan dengan benar. Pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu dan mengikuti panduan yang tepat sebelum melakukan root pada ponsel Anda.

6. Menghubungi Dukungan Teknis

Jika semua solusi di atas tidak berhasil atau jika Anda tidak ingin mengambil risiko melakukan root pada ponsel Anda, langkah terakhir yang dapat Anda ambil adalah menghubungi dukungan teknis dari produsen ponsel atau penyedia layanan Anda. Mereka mungkin dapat memberikan solusi atau panduan tambahan untuk merekam layar pada ponsel yang tidak mendukung fitur screen recorder.

Hubungi dukungan teknis melalui saluran yang disediakan oleh produsen ponsel atau penyedia layanan Anda, seperti email, telepon, atau forum dukungan pengguna. Jelaskan masalah Anda dengan jelas dan sertakan detail tentang ponsel Anda agar mereka dapat memberikan solusi yang sesuai.

Kesimpulan

Merekam layar ponsel dapat menjadi fitur yang sangat berguna untuk berbagai keperluan, mulai dari membuat tutorial hingga berbagi pengalaman bermain game. Jika ponsel Anda tidak mendukung screen recorder, jangan khawatir. Terdapat beberapa solusi yang dapat Anda coba, seperti menggunakan aplikasi pihak ketiga, fitur perekam layar di aplikasi pengedit video, mirroring ke perangkat lain, fitur game recorder, atau bahkan melakukan root pada ponsel Anda. Jika semua solusi gagal, jangan ragu untuk menghubungi dukungan teknis untuk bantuan lebih lanjut. Semoga artikel ini membantu Anda menemukan cara yang tepat untuk memperbaiki masalah ini dan mulai merekam layar ponsel Anda.

Related video of Bagaimana Cara Memperbaiki HP yang Tidak Support Screen Recorder?

About teknohalu

Check Also

Cara Memperbaiki HP Xiaomi yang Tidak Bisa Dientuh saat Dibuka

Cara Memperbaiki HP Xiaomi yang Tidak Bisa Dientuh saat Dibuka Apakah Anda memiliki HP Xiaomi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments

No comments to show.